DERAWAN PARADISE TOUR - Team Leader H. Memed - HP 085250229292 / 08115401544

Cerita Seru Liburan di Derawan

TRIP 14 - 17 Agustus 2014

Hari pertama : 14 Agustus 2014
Trip Derawan Paradise Tour kali ini menghandle goup sebanyak 10 pax. Mereka semua berasal dari Jakarta. Ibu Diah adalah yang request dengan anggota 6 orang yaitu : ibu Diah, ibu Lina, mama Suske, ibu Viki, mbak Ayu dan ibu Maria. Mbak Anti juga mengajak teman kerjanya 3 orang. Grup ibu Diah tiba lebih awal karena mereka tiba di Berau tepat pukul 10.05 wita dengan menggunakan flight Wings Air. Dalam perjalanan mereka singgah sejenak untuk melepas lelah dan menikmati makan siang di sebuah Rumah Makan tepatnya di Kampung Merancang. Setelah menikmati makan siang mereka langsung melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Batu.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam 30 menit tibalah grup ibu Diah di Pelabuhan terakhir yaitu pelabuhan Tanjung Batu. Kami pun sebagai Team Leader ( H. Memed ) sudah menunggu sebelum mereka tiba. Perjalanan dilanjutkan menuju ke Pulau Derawan dengan menggunakan speed boat selama 30 menit. Cuaca sangat cerah dan teduh dan kondisi air lagi surut sehingga speed boat harus berhati - hati mengikuti jalurnya. Selama dalam perjalanan menuju Derawan tak henti - hentinya mereka jepret - jepret Samsung Galaxy Note 3 nya untuk foto selfy dan kami pun juga sering jepretkan mereka untuk foto bareng di dalam speed boat.

Jam 14.30 wita ibu Diah and frenz tiba di Dermaga Derawan Beach Cottage dan langsung menuju kamar Vip 01, Vip 02 dan Vip 03. Setelah Check in istirahat sejenak untuk melepas leleh dan kami ajak mereka untuk jalan - jalan keliling pantai Derawan dan mereka pun dengan suka ria ikut sama kami. Kami juga ditemani Guide lokal yaitu mas Pitra. Cuaca yang cerah dan kondisi air laut lagi surut membuat pantai Derawan dengan pasir putih terlihat cantik dan luas. Spot pertama yaitu di Pantai Kiani, di sana mereka menikmati pantai dan mengabadikan dengan foto loncat, foto bareng dengan background biru langit yang di padu deenga biru laut yang cantik. Senyum dan tawa menemani perjalanan kami. Grup ibu - ibu yang ceria membuat kami semangat untuk selalu menemani liburan mereka. Spot yang di tunggu - tunggu yaitu menikmati Spot Sunset di Dermaga umum Pulau Derawan. Sebelum tiba di Spot Sunset ibu Diah menikmati sajian Sukun goreng di salah satu warung di Pulau Derawan. Kami beranjak ke penginapan Lestari Satu untuk menyambut peserta Trip Derawan Paradise yaitu Mbak Anti and frenz sebanyak 4 pax. Setelah check in langsung kami ajak untuk jalan - jalan ke Spot Sunset. Setelah menikmati Spot Sunset kami mereka balik ke penginapan masing - masing.

Malam hari mereka menikmati makan malam di Restoran Derawan Beach Cafe and Cottages. Setelah makan malam kami berkumpul santai di Gesibu untuk menyampaikan beberapa hal mengenai Trip esok hari dan membagikan Fin ( kaki katak ). Tepat pukul 21.00 wita kami istirahat.

Hari kedua : 15 Agustus 2014
Setelah sarapan kami langsung menuju Spot pertama yaitu ke Danau Kakaban. Perjalanan menuju ke Kakaban lumayan seru karena setelah beberapa menit cuaca mulai agak extrem. Angin barat tiba - tiba datang pas sudah melewati Pulau Sangalaki dan membuat gelombang yang lumayan menemani perjalanan kami. Perjalanan dari Derawan menuju Kakaban kami tempuu sekitar 50 menit. Setelah tiba di Kakaban kami turun dari speed boat dan langsung menuju ke Spot Danau Kakaban. Kami langsung mengajak mereka untuk berenang dan snorkeling bersama ubur - ubur tanpa sengat. Cuma sayang salah satu peserta kami yaitu mbak Ayu tidak bisa menikmati cantiknya ubur - ubur sengan menggunakan snorkeling dikarenakan kami tidak punya google minus. Tapi mbak Ayu juga sangat enjoy sewaktu berenang dan bisa memegang ubur - ubur. Satu per satu kami ajak untuk foto underwater yang sudah kami sediakan. Pose atau gaya foto dalam air bervariasi dan lucu - lucu. Setelah jepretan kami udah banyak dan mereka sudah merasa cukup berenang bersama ubur - ubur, kami melanjutkan snorkeling di Spot Kakaban Reef.


Perjalanan naik dari Danau Kakaban yang terjal membuat kami harus hati - hati. Rasa capek dan lelah tak di rasa dan hilang oleh indahnya alam dan keceriaan yang menemani kami. Sesampai di loket  pintu masuk kami istirahat sejenak untuk melemaskan otot - otot kaki selama sekitar 10 menit. Spot selanjutnya yaitu Spot Kakaban Reef yang cantik. Di Spot ini agak sedikit extrim karena kondisi spotnya dari dangkal langsung tebing yang dalam dan gelap tetapi kami selalu menemani mereka agar tidak panik sewaktu snorkeling. Tak lupa foto kamera underwater berkali - kali kami jepret untuk membidik obyek dengan gaya yang unik dan lucu. ibu Viki adalah salah satu peserta Trip Derawan Paradise yang sudah ahli untuk melakukan free dive dan hasil jepretan foto underwater juga sangat cantik.


Setelah cukup puas snorkeling di Kakaban Reef kami melanjutkan perjalanan laut menuju ke Spot Kehe Daing dengan menggunakan speed boat yang di kemudikan oleh kapten Soni. Untuk mencapai Spot ini harus melalui medan yang agak sulit. Kami harus menaiki tangga yang kondisinya kurang bagus dan harus melalui bebatuan karang sejauh sekitar 20 meter. Di spot ini kami menikmati danau yang masih alami dan kami pun nyemplung dan berjalan - jalan di dalam danau karena hanya setinggi paha kedalam air danaunya. Selama sekitar 20 menit kami di dalam danau kami bergegas keluar dan melanjurkan perjalanan ke Maratua paradise




Tepat pukul 12.00 wita kami tiba di Maratua Paradise Resort. Kami harus istirahat sejenak dengan menikmati makan siang yang kami bawa dari Derawan. Ramai - ramai kami makan di halaman Dive Center Maratua Paradise Resort. setelah makan siang sambil nunggu kondisi air yang surut mereka menikmati suasana dengan foto - foto dengan background laut yang biru. Tepat jam 13.30 wita kami naik speed boat dan langsung menuju ke Spot Penyu. Sesampai di Spot Penyu kami langsung mengenakan alat snorkeling dan langsung nyemplung. Kondisi arus yang deras dan teduh membuat speedboat ikut hanyut dalam aliran arus air laut. Semua peserta Trip kali ini bisa melihat langsung Penyu - Penyu yang lagi istirahat di  Spotnya. Setelah beberapa saat Tour Guide berhasil menangkap Penyu berukuran sedang dan ada beberapa peserta yang berhasil foto bersama Penyu.


Hari sudah kelihatan sore dan kami harus bergegas menuju spot terakhir untuk Trip hari ini. Jam 15.00 wita kami menuju Pulau Gusung Sanggalau. Cuaca yang cerah dan teduh menemani perjalanan kami. Setelah 60 menit perjalanan naik speed boat kami tiba di Spot Gusung Sanggalau. Yang pertama kami lakukan di Spot ini adalah nyemplung sejenak menikmati beningnya air laut yang dibawahnya pasir putih. Di Spot ini kami berikan kebebasan peserta untuk jalan - jalan di hamparan pasir putih yang sangat luas, ini di karenakan kami di Spot ini dalam kondisi air laut surut. Berbagai macam gaya di peragakan oleh peserta trip kami. Mulai dari foto loncat, foto duduk, foto back, dan gaya bebas he he he ,,,

Setelah menikmati foto - foto di Gusung Sanggalau kami balik ke Derawan dan snorkeling di spot Jetty BMI. Di spot ini peserta bisa menikmati pemandangan ikan - ikan berkumpul di sekitarnya dengan memberi sepotong roti. Momen foto underwater juga tak terlewatkan. Setelah hari sudah mulai senja kami balik ke Penginapan. 


Hari ketiga : 16 Agustus 2014
Pagi hari sarapan sudah siap disajikan di restoran Derawan Beach Cafe and Cottage. Sebelum menuju ke spot, kami harus sarapan terlebih dahulu. Setelah sarapan kami langsung menuju spot yang pertama yaitu spot Mangkalasa yang tak jauh dari Derawan yang hanya di tempuh sekitar 10 menit dengan menggunakan speedboat. Di spot ini kami snorkeling dan pemandangan terumbu karang yang cantik dan berbagai macam warna warni bisa kami jumpai di spot ini. Spesial terumbu karang di spot ini berupa karang menunggul. Tak terasa sudah satu jam snorkeling di spot Mangkalasa dan kami harus melanjutkan ke spot berikutnya. 


Spot berikutnya yaitu ke Pulau Sangalaki dan cuaca pagi itu agak mendung tetapi teduh. Perjalanan menuju Sangalaki normalnya bisa di tempuh sekitar 40 menit. Dalam perjalanana kami menikmati cemilan Q tella dan wafer coklat yang di bawa oleh salah satu peserta trip. Eh eh ,,, tiba - tiba kawanan lumba - lumba terlihat oleh kapten boat kami dan langsung diarahkan menuju kawanan lumba - lumba. Kali ini si lumba - lumba agak malu - malu untuk menampakkan jati dirinya yang suka nampang kalo kita dekatin. Setelah beberapa saat melihat si lumba - lumba kami langsung menuju spot Mantaray


Beberapa saat kami sampai di spot mantaray kami langsung kelihat dari kejauhan tanduk, punggung dan sayap mantaray yang meliuk - liuk dan kami langsung menuju ke arah Manta tersebut. selang beberapa saat kami langsung menuju ke arah atas arus air laut untuk mempersiapkan diri untuk nyemplung dan akan melihat langsung si Mantaray dengan snorkeling. Setetah sampai di atas arus kami berikan arahan sejenak tentang gimana snorkeling si spot Mantaray. Setelah siap semua dengan alat snokelingnya kami pin nyemplung dan mengikuti aliran arus, dan kami pun bisa melihat secara live kawanan Mantaray dari jarak yang sangat dekat. Setelah puas snorkeling di spot Mantaray kami langsung menuju ke Pulau Sangalaki untuk makan siang dan istirahat sejenak.

Setelah istirahat kami langsung menuju ke pantai di depan Resort. Pantai yang luas dengan hamparan pasir putihnya yang dipadukan dengan birunya laut menjadikan obyek yang cantik dan fantastin. Kami selanjutnya menuju ke monumen Sangalaki sambil jalan - jalan menikmati indahnya pantai Sangalaki. Setelah sampai di tugu Sangalaki mereka langsung foto - foto dengan gaya masing - masing. Dan selanjutnya menuju spot sorkeling di Coral garden. 


Di spot ini kami dan peserta trip menikmati penamdangan yang menakjubkan. Terumbu karang dengan warna - warni dan berbagai jenis ikan hias bisa kita jumpai. Spot Nemo juga bisa mereka temukan di spot ini. Tak lupa sesi foto - foto underwater juga kami nikmati dengan berbagai macam gaya yang unik dan lucu. Setelah itu kembali menikmati indahnya surga bawah laut di spot Coral Garden. Spot selanjutnya yaitu melihat keindahan terumbu karang dengan jalan kaki di depan Sangalaki.

Setelah puas snorkeling di spot Coral garden kami naik speedboat satu persatu dan langsung menuju spot terakhir. Di spot ini kami tidak memakai alat snorkeling tetapi cukup jalan kali karena air laut lagi surut dan terumbu karang yang warna - warni tampak dari atas. Waktu sudah makin sore dan kami pun bergegas menuju speedboat untuk balik ke Derawan. Setelah tiba di Derawan ibu Diah and frenz langsung order Sukun gorang ke Tour Guide. Malam hari kami makan malam jam 19.00 wita di Derawan Beach Kafe dan ada menu tambahan dari grup ibu Diah yaitu ikan bakar seberat 3 kg dan ada juga Udang pasir yang sangat lezat rasanya.

Sambil menikmati makan malam kami juga melihat hasil jepretan Samsung Galaxi Note 3 dan Panasonic DMC FT3 yang sudah di salin di Laptop. Jam 21.00 wita kami semua istirahat.

Hari keempat : 17 Agustus 2014
Jam 07.00 waktu Derawan kami sarapan di Restoran Derawan Beach Cafe. Sambil nunggu kepulangan kami masih sempat jepret Samsung Galaxi Note3 dengan view pantai Derawan bersama semua peserta Trip. tepat jam 08.30 kami sudah di speedboat dan langsung menuju ke pelabuhan Tanjung Batu. Setelah tiba di Pelabuhan Tanjung Batu saatnya kami berpisah dengan semua peserta Trip. ( see you next trip … )


TRIP 12 - 15 OKTOBER 2013

12 Oktober 2013
Untuk Trip 12 - 15 Oktober 2013 DERAWAN PARADISE TOUR menghandle 17 peserta, 11 peserta yaitu Mbak Mutiara & friends dari Jakarta, 3 peserta yaitu Mas Sarwo & family dari Jakarta dan 3 peserta yaitu Pak Agus & family dari peserta dari Balikpapan. Tanggal 12 oktober 2013 kami menuju ke bandara Tarakan jam 08.30 untuk menjemput peserat trip. Sambil menunggu penerbangan Lion Air landing kami duduk santai dan ngobrol dengan teman-teman seprofesi. Tepat pukul 09.00 kami bertemu dengan grup mbak Mutiara. Setelah berkumpul kami langsung menuju ke RM Sundari untuk makan siang, setelah makan siang kami menuju ke Pelabuhan SDF dan langsung loading ke speed boat. Tak lama kemudian tiba mas Sarwo & family tiba di Dermara SDF. Pukul 11.30 peserta sudah terkumpul dan sudah berada di speedboat, kami langsung meluncur ke Derawan karena Pak Agus & family melalui jalur via Berau.

Pukul 14.30 kami tiba di Penginapan Lestari ( Cottage diatas air ), setelah tiba langsung Check in peserta. setelah check in acara bebas dan ada 3 peserta yang diving di spot pulau Derawan.Pas tiba pukul 19.00 wite kami makan malam yg sudah di sediakan di Cafe Lestari dan acara santai di dermaga Lestari ( membahas acara esok hari ). 22.00 kami sudah lelah dan istirahan.

14 Oktober 2013
Jum'at 13 Oktober 2013 tepat pukul 07.00 kita menuju ke Cafe Lestari untuk sarapan. setelah sarapan kita prepare perlengkapan untuk explore Pulau Nabucco dan Maratua. Perlengkapan yang kami siapkan diantaranya yaitu : alat snorkeling, nasi kotak, snack, kamera, dan lain lain. Jam 08.00 semua peserta sudah siap - siap semua, peralatan sudah clear dan langsung loading ke speed boat. Cuaca lagi sedikit gelombang dan menambah suasana ceria dan bisa menghilangkan rasa ngantuk didalam speed boat. Perjalanan saju jam sudah kami lalui dan sampailah kami di spot yang pertama di ujung pulau Maratua. Guide langsung nyebur dan memasang jangkar untuk berlabuh. Peserta yang lain juga sudah siapkan alat snorkling masing - masing dan ikut menikmati aneka macam ikan hias dan cantiknya terumbu karang di spot yang pertama. Setelah 20 menit kami menjumpai 2 ekor cumi - cumi ( Klabutan dalam bahasa Bajau ). 

Perjalanan di lanjutkan menuju ke Nabucco Resort dalam waktu 20 menit. Setelah Tiba di Nabucco Resort kami langsung santai explore Pulau Nabucco sambil hunting foto. Jam 12.00 kami menyantap nasi kotak yang kami bawa dari Derawan. Satu persatu peserat mengambil nasi kotak di dalam kresek merah. Begitu Nikmat terasa sewaktu menyantap makan nasi kotak di resort Nabucco yang asri. Canda gurau peserta pun tampak dari wajah yang ceria seakan menikmati suasana di Maldive. jam 13.30 kami bergegas meninggalkan Pulau Nabucco dan menuju ke spot di sekitar Nabucco. Sungguh Cantik tampak dari speed boat Pulau Nabucco yang di kelilingi air yang biru dan pasir putih yang lembut. 

Lagi - lagi Hoki buat Grup Trip 12 - 15 Oktober 2013, setelah stop beberapa saat guide berdiri di depan speedboat dan memperhatikan keadaan sekitarnya. Tak lama kemudian memberi sinyal ada Barracuda lagi skulling, dan di infokan kepada peserta. Tak sabar peserta untuk melihat keindahan kumpulan Barracuda yang lagi skulling berputar-putar naik keatas dan kebawah. Pada awalnya peserta hanya melihat dari atas speedboat dan merasa takut untuk nyebur dan melihat dari dekat. Tetapi atas rekomendasi dari guide yang sudah melang melintang di dunia penyelaman maka peserta pun ikut nyebur dan sungguh luar biasa banyaknya kumpulan Barracuda yang lagi skulling. Cuaca amat cerah dan laut pun teduh menambah nyamannya kami bersnorkeling di spot Barracuda. Setelah puas snorkeling di spot Barracuda kami pindah ke spot yang sungguh luar biasa, keindahan terumbu karang yang berwarna - warni sangat membuat kami snorkeling betah berlama - lama. Terumbu karang berwarna ungu cerah, hijau daun, kuning, oren dan lain - lain sangat cantik untuk obyek foto underwater. Ikan hias pun seakan membuat kami gak mau meninggalkan spot tersebut, tapi waktu juga yang membuat kami harus bergegas meninggalkan spot yang cantik tersebut.

Pukul 15.00 kami menuju ke Maratua Paradise Resort, di sana kami santai menikmati keindahan resort dan keindahan pantai Maratua. Kami pun tak melewatkan momen untuk hunting foto di Resort tersebut. Lagi - lagi kesempatan untuk foto lompat dari dermaga Resort pun membuat keceriaan makin ramai. Setelah puas menikmati keindahan pantai di Maratua kami pun menuju ke Derawan pada jam 16.30 dan sampai di Derawan sekitar jam 17.30 dan acara santai.

Jam 19.00 kami menuju ke Cafe Lestari untuk makan malam, sambil makan malam kami pun asyik cerita tentang kegiatan tour ke Nabucco dan Maratua. Canda tawa dan keceriaan menambah suasana makan malam semakin asik. setelah makan malam acara bebas, ada suka - suka jalan masing - masing.

15 Oktober 2013
Seperti hari sebelumnya, dipagi hari suasana sejuk di Pulau Derawan seolah melepas semua beban pekerjaan yang ada pada masing - masing peserta, sunrise yang indah menjadikan kenangan yang tak terlupakan. Setelah menikmati keindahan sunrise kami langsung kembali ke penginapan Lestari untuk sarapan dan prepare perlengkapan untuk explore Pulau Kakaban dan Pulau Sangalaki. Pukul 07.00 kami sarapan nasi kuning yang nikmat serasa di atas awan. jam 08.00 kami langsung ke speed boat dan melanjutkan petualangan ke Pulau Kakaban dan Pulau Sangalaki.

Suasana pagi yang ditemani dengan sinar matahari yang indah dan ombak yang lumayan bisa membuat suasana tidak mengantuk. Perjalanan pertama ke Pulau Kakaban serasa bergoyang seisi speedboat, tetapi keceriaan tampak dari wajah setiap peserta. Setelah 50 menit berada di speedboat sampailah kami di Dermaga Pulau Kakaban dan kami pun bergegas menuju Danau ubur - ubur tansa sengat. Untuk menuju Danau ubur - ubur kami harus menaiki tangga yang terbuat dari kayu Ulin selama 10 menit karena kondisi yang menanjak.

Keindahan Danau Kakaban menyambut setiap pengunjung dengan ubur - ubur yang tampak dari kejauhan. Kesejukan dan suasana yang masih alami menambah kepuasan tersendiri bagi setiap pengunjung. Setelah di ujung Dermaga Danau Kakaban kami langsung meletakkan tas, kamera dan topi. Kami langsung mengenakan alat snorkling sejenak dan kami pun langsung berenang bersama ubur - ubur tanpa sengan, tak lupa kami memencet switch kamera underwater. Setelah puas berenang dan snorkeling bersama ubur - ubur kam pun tak melewatkan momen foto bersama di dermaga dan kamipun bergegas kembali ke Panpai Kakaban untuk menikmati suasana pantai.

Setelah menikmati keindahan Pantai kami langsung naik speedboat dan menuju spot di Kakaban Reef yang tak jauh dari dermaga Kakaban. Keindahan reef kakaban membuat woww setiap peserta dan ingin langsung nyemplung. Tepat di spot Kakaban Reef kami langsung memakai alat snorkeling dan langsung nyebur satu per satu. Keindaha Kakaban Reef membuat woww dan betah untuk snorkeling. Setelah puas snorkeling di Kakaban Reff kami menuju ke Pulau Sangalaki.

Perjalanan ke Pulau Sangalaki kami tempuh selama 20 menit, cuaca yang teduh dan cerah yang menemani perjalanan kami. Setelah sampai di Pulau Sangalaki kami langsung makan siang dan explore Pulau Sangalaki. Setelah itu kami menuju spot Mantaray, lagi - lagi Hoki buat peserta tour kali ini yang di sambut dengan Mantaray yang meliuk - liuk dan indah. Sebagian peserta nyebur yang ditemani dengan guide yang berpengalaman. Setelah puas snorkeling dan melihat Mantaray dari speedboat kami langsung menuju ke Pulau Gusung Senggalau.

Hamparan pasir putih yang panjang dan bersih menjadikan suasana yang unik dan indah. Setelah speedboat menepi di bibir gusung, satu persatu peserta tour melompat ke pasir putih yang indah. Langsung ambil kamera dan jepret - jepret pun dilakukan ke arah yang mereka inginkan. Foto bersama pun menjadikan momen yang tak terlewatkan. Waktu hampir senja dan kami pun harus balik ke penginapan.

Setelah sampai di penginapan peserta menikmati Penyu yang lalu lalang di depan penginapan. Setelah mandi kami langsung makan malam, dan acara bebas. Suasana Takbiran di Pulau Derawan memberikan kesan tersendiri bagi semua peserta tour kali ini. Takbiran keliling kampung oleh masyarakat Derawan dengan di sambut oleh Kembang Api yang membuat suasana semakin indah juga memberikan kesan tersendiri.

16 Oktober 2013

Pagi hari peserta yang beragama Islam juga melaksanakan sholat Iduh Adha di masjid Pulau Derawan. Setelah sholat kami langsung loading peserta ke speedboat. Tepat pukul 08.30 kami meninggalkan Pulau Derawan ( see you Derawan Island ) untuk menuju ke Tarakan. Perjalannan menempuh waktu selama 3 jam. Hujan rintik - rintik menemani suasana di dermaga Tarakan. Mobil Avanza hitam menghampiri kami di dermaga dan kami beranjak masuk ke dalam mobil. Tujuan city tour pertama yaitu wisata kuliner kepiting saos kenari. Selesai menyantap kepiting saos kenari kami menuju ke hutan mangrove untuk melihat satwa Bekantan dan di lanjutkan ke Balai Adat untuk hunting oleh - oleh. Tepat pukul 16.00 kami menuju ke Bandara Juata Tarakan. Dan kami pun berpisah dengan peserta tour 12 - 15 oktober 2014 ( finish tour )